Friday, August 4, 2017

PERTANIAN DAN PETERNAKAN DESA GLAGGA



PERTANIAN DAN PETERNAKAN
Pertanian      
Pertanian diartikan sebagai kegiatan pembudidayaan tanaman. Pertanian adalah sumber penghasilan terbesar di desa Glagga. Hal ini dikarenakan luasnya lahan pertanian warga dan sebagian besar pekerjaan mereka adalah menjadi seorang petani. Lahan pertanian di desa glagga sangat produktif, sehingga memungkinkan untuk ditanami dan menghasilkan hasil panen yang melimpah. Selain itu tanah yang subur menjadikan berbagai tanaman seperti padi, kacang tanah, singkong, dan jagung cocok untuk ditanam disini.
1.   Padi
            Petani menanam padi biasanya hanya saat musim penghujan. Karena padi hanya bisa tumbuh dengan kadar air yang banyak, sehingga padi hanya ditanam saat musim penghujan tiba. Saat musim kemarau, sawah dibiarkan begitu saja. Tidak ada tanaman yang cocok ditanam di sawah ketika musim kemarau.
2.   Kacang Tanah
Kacang tanah ditanam di ladang dekat pekarangan rumah warga. Selain itu, lahan kosong juga bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Kebanyakan warga disini memiliki lahan-lahan yang luas. Hal ini memungkinkan mereka untuk memanfaatkan lahan mereka untuk bercocok tanam. Kacang tanah adalah tanaman handalan mereka. Selain mudah untuk ditanam, kacang tanah juga menghasilkan hasil panen yang melimpah. Biasanya kacang tanah ditanam dalam 3 bulan sekali. Setelah dipanen, kacang tanah bisa dijual sehingga mampu menambah penghasilan mereka. Lahan bekas panen juga bisa langsung ditanami lagi setelah masa panen tiba.
3.   Singkong
Singkong sangatlah mudah untuk ditanami. Selain itu, singkong bisa ditanam pada musim penghujan maupun kemarau. Hasil panennya bisa dijual maupun dikonsumsi sendiri oleh petani. Berbagai olahan makanan juga bisa dibuat dari bahan baku singkong. Sehingga dengan menanam singkong, menjadi pilihan yang tepat bagi para petani untuk mengisi waktu dan memanfaatkan lahan mereka.
4.   Jagung
Jagung merupakan tanaman yang cocok ditanam di ladang. Tanah yang subur menjadikan jagung sangat cocok ditanam. Selain singkong dan kacang tanah, petani desa glagga memilih untuk menanam jagung. Variasi tanaman menjadikan tanah di desa glagga menjadi subur. Karna lahan pertanian lebih baik ditanam dengan jenis tanaman yang berbeda-beda. Misalnya setelah panen kacang tanah, ladang bisa dibajak baru ditanami dengan jenis tanaman lain.
Peternakan
            Peternakan merupakan sektor penting dalam kelangsungan hidup masyarakat desa Glagga. Adapun beberapa jenis ternak yang dipelihara adalah:
1.      Sapi
Sapi merupakan hewan berkaki empat dan biasanya digunakan untuk membajak sawah. Peternak memberi makan sapi dengan rumput liar yang ada di sekitar desa. Sapi disini berwarna coklat kemerahan dengan tumpukan daging yang banyak dan postur tegak.
2.      Kelinci
Hampir setiap rumah di desa Glagga memiliki binatang ini. Kelinci digunakan sebagai objek lomba “karapan kelinci” yang biasanya diadakan tiap sore hari di daerah perbatasan Dusun Krojeh dan Dusun Gunung Malang.
3.      Ayam
Peternak ayam di desa Glagga memanfaatkan telur dan daging ayam untuk dijual ke pasar terdekat. Ayam kampung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam jenis lain.
4.      Bebek
Budidaya bebek di desa Glagga cukup menjadi pilihan utama bagi warga. Selain mudah dalam beternak, permintaan pasar juga lumayan tinggi. Sehingga sebagian besar warga memilih untuk beternak bebek.

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net