Friday, August 4, 2017

PENDIDIKAN DAN KESEHATAN DESA GLAGGA



Kondisi Pendidikan
Kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi  masyarakat desa Glagga terbilang masih sangat minim. Mayoritas Masyarakat di desa Glagga lulusan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Keadaan Ekonomi  yang rendah dan tingginya minat Masyarakat desa Glagga dalam merantau untuk mencari rezeki termasuk salah satu faktor minimnya kesadaran yang dimiliki masyarakat desa Glagga akan pentingnya pendidikan.
Kondisi ini didukung juga dengan minimnya fasilitas pendidikan yang hanya terdapat beberapa bangunan sekolah di desa Glagga yaitu 3 Taman kanak-kanak, 4 Sekolah Dasar (SDN 1,2,3 dan 4 Negeri Glagga), 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 1 Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengajarkan tentang pendidikan formal dan ekstra-kulikuler serta terdapat 4 Madrasah dan satu Pondok Pesantren yang mengajarkan tentang ilmu-ilmu Keagamaan dan Pendalaman Tentang Pengetahuan Agama Islam. Dengan luas wilayah dan pemukiman penduduk yang menyebar maka sangatlah kurang
Kondisi Kesehatan                                 
Berbeda dengan kondisi Pendidikan, kondisi kesehatan di Desa Glagga sudah tertata dengan rapi, tersebarnya pos-pos kesehatan yang terletak ditengah-tengah masyarakat sangat membantu dan mendukung terciptanya budaya sehat masyarakat Glagga. Seperti yang dikatakan ibu Dewi Kurniawati, S.Tr.Keb salah satu bidan yang sudah praktek Mandiri di daerah Desa Glagga terdapat 4 Pos diantaranya: POSKESDES (Pos Kesehatan Desa). Pos kesehatan ini tersebar disetiap 3 dusun yang ada di desa glagga. PUSTU (Puskesmas Pembantu) merupakan anak cabang dari PUSKESMAS Arosbaya, dan hanya ada 1  di desa Glagga. POLINDES (Pos Bersalin Desa) merupakan pos bersalin desa yang tersebar disetiap 2 dusun yang ada di desa Glagga. POSKESTREN (Pos Kesehatan Pondok Pesantren) untuk pos ini hanya terdapat 1 dan berpusat di pondok pesantren yang ada di desa Glagga tepatnya di dusun Mongmong.
Kondisi kesehatan balita dan lansia di desa Glagga sendiri sudah tertata dengan rapi dimana terdapat Posyandu Balita dan Posyandu Lansia yang selalu mengadakan pemeriksaan dan praktek diawal bulan. Posyandu ini dijalankan oleh para kader posyandu dengan 1 orang Bidan dari Puskesmas Arosbaya.

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net