Friday, August 4, 2017

PEMETAAN PETA PUS DESA GLAGGA




             Agenda hari ke-6 kelompok KKN 40 adalah pemetaan PUS (Pasangan Usia Subur). Pemetaan ini dilakukan di 2 dusun desa Glagga. Banyaknya dusun di desa ini, membuat kami hanya bisa melakukan pemetaan di  dusun dekat basecamp kami, yaitu dusun Krojeh dan Karang Malaka. Para anggota KKN dibagi menjadi 2 tim, yang kami sebut dengan Tim Krojeh dan Tim Karang Malaka. Sebelum melakukan pemetaan, kami mendatangi bapak Apel desa. Kami meminta ijin untuk melakukan pemetaan dan mencari informasi berapa KK yang ada di dusun ini.
                Rumah ke rumah kami kunjungi dan pemilik rumah ditanyai satu persatu tentang masalah penggunaan KB. Berbagai informasi dari hasil pemetaan sangat bervariasi, karena dalam penggunaan KB ada yang memakai suntik dan ada pula yang memakai pil. Selain itu banyak warga yang tidak melakukan KB, dengan alasan dulu tidak ada KB, suaminya merantau, dan ada pula yang mengatakan tidak cocok menggunakan KB sehingga memutuskan untuk berhenti KB. Bagi para ibu hamil mereka berhenti sementara dalam menggunakan KB, setelah melahirkan mereka baru menggunakan KB lagi.
                Jarak yang kami tempuh dalam melaksanakan pemetaan sangatlah jauh. Luasnya tanah dan padatnya jumlah penduduk disini membuat kami kerepotan dan kelelahan dalam perjalanan. Di tengah perjalanan, kami berhenti sejenak di warung. Disana kami bertemu dengan salah satu pemuda desa Glagga. Kami berbincang sejenak dan bertanya kepadanya tentang batas-batas dusun. Dari informasi yang diberikan sangat membantu kami dalam melakukan pemetaan, selain itu kami bisa semakin akrab lagi dengan warga setempat. Melalui pemetaan ini, juga menjadi ajang bagi kami untuk perkenalan diri. Jauhnya basecamp kami dengan rumah-rumah warga dusun lain membuat mereka tidak mengetahui bahwa ada KKN di desa ini. Bukan hanya itu saja, selain kami mendapatkan informasi tentang pemetaan PUS kami bisa promosi dan mengenalkan proker KKN 40.

Dari survey yang telah kami lakukan, maka terbentuk peta PUS Dusun Kroje, Desa Glagga, Arosbaya




 

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net